Programmer Juga Happy Kok :)

Programmer Career Meme
(inet)

Oke, jadi udah jelas sekali dari judulnya kalau tulisan ini ingin menegaskan kalau profesi programmer itu juga menyenangkan. Di meme, programmer itu dibilang have no life, di forum-forum jadi prgrammer itu dibilang pulang kerjanya malem, sering lembur, dan jarang tidur, sedih banget yak kayaknya..

Tapi itu semua emang bener *lahh* terus maksud ni tulisan apa? Oke, sebenernya saya bermaksud berbagi saran sih buat para programmer atau yang bercita-cita jadi programmer cara-cara yang kali aja kalau dilakukan akan membuat pikiran, jiwa, serta fisik tetap happy *gaya beut ya*

1. Cintai Profesi Kamu

Pertama, saya mengajak teman-teman pembaca dan khususnya diri saya sendiri untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT karena kita diberi kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan, sehingga bisa memebuhi kebutuhan-kebutuhan kita. Mungkin masih banyak teman-teman diluar sana yang masih harap-harap cemas proses rekruitasi karyawan, atau masih belum juga mendapat pekerjaan bagi yang masih mencari.

Maka, sebagai bentuk rasa syukur dengan menjadikan pekerjaan sebagai ibadah. Banyak kebaikan yang Allah SWT janjikan dari niat ibadah kita setiap sebelum berangkat atau doa yang kita panjatkan sebelum memulai pekerjaan. Dengan sabar dan tawakal atas yang Allah SWT berikan, kita akan berbaik sangka kepadanya, dan merasakan ketentraman didalam hati.

2. Jagalah Kebugaran Fisik Kamu

Kamu gak akan bisa happy kalau fisikmu tidak mendukung! Kuncinya ada 3, menjaga pola makan, pola istirahat, dan olah raga yang rutin. Hindari telat makan, minumlah air putih sebanyak yang kamu bisa!, hindari begadang (ini sering dilakuin), dan hindari malas olah raga. Kamu akan merasakan betapa happy nya menjalankan aktivitasmu kalau kamu punya fisik yang bugar, kita akan lebih bergairah menjalani rutinitas, kamu jadi pribadi produktif dan itu akan membuatmu amat bahagia karena bisa mengoptimalkan waktu yang kamu punya.

Pilihan olah raga ada banyak seperti senam, lari-lari, berenang, futsal, gak perlu yang susah-susah kalau belum bisa, gak perlu nunggu waktu senggang untuk bisa ke gim buat olah raga, senam 10 menit di pagi hari kalau rutin itu kesempatanmu!

Dan jangan lupakan untuk menjaga keseimbangan sosial kita, tetaplah ikut jalan kalau ada teman yang ngajak main, reunian, atau waktu bersama keluarga, berjalan-jalan, makan bareng.

Hobi lain yang kita sukai, seperti seni (les musik, les vokal, les tari) itu juga perlu loh bukan untuk menjadi penyanyi beneran, tapi itu akan menjaga variasi mood dan menjaga tingkat happynes kita! *btw saya belum jadi-jadi ngambil kursus gitar (omdo) haha

Saat kamu lagi ngoding dan menemukan rasa jenuh atau pusing atau hampir-hampir menyerah, cobalah untuk rehat sejenak dan jangan lupa menjaga asupan air putih, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam lalu membuangnya secara sangat perlahan agar pikiranmu menjadi relax, atau jangan biarkan kepalamu tertunduk, dan dangakan (lawan dari menunduk) tinggi-tinggi kepalamu karena saat kepalamu mendangak, kamu tidak akan bisa merasa sedih atau pesimis, jadilah pribadi optimis, dan terus mensugesti diri bahwa kita mampu menyelesaikannya!

3. Teruslah Menggali Ilmu

Kita pakai suatu permisalan ya, oke pasti kenal semua kan sama pembalap Valentino Rossi? Coba kamu bayangkan kalau Rossi gak tau pengetahuan tentang mesin motor, jadi dia cuma tau cara ngegas dan ngerem doang, mungkin gak dia jadi sejago itu? Sama seperti programmer, kita dituntut tidak hanya tau sintaks-sintaks nya aja, tapi juga “mesin” nya juga, dalam hal ini sebagai contoh java, kita harus tau proses apa yang terjadi saat compile, disimpan di memory sebelah mana variable yang baru kita deklarasikan, kapan kita gunakan variable primitive atau reference, apakah kode yang kita tuliskan menjamin konsistennya database?dll.

But, gak sebatas itu aja, Rossi juga kemungkinan besar punya pengetahuan tentang kondisi suhu aspal, di tikungan sebelah mana aspalnya panas/lebih dingin, aspalnya lebih halus/lebih kasar sehingga akan menyalip di tikungan yang dia inginkan, atau pengetahuan tentang cuaca saat pertandingan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan balapan, gak cuma tentang motor aja. Oke, mungkin itu yang membedakan profesional dan belum, mereka lebih mempunyai sens ketika action, itu karena mereka melakukannya berulang-ulang dalam waktu yang tidak sebentar hingga mendapatkan pengalaman yang belum didapat oleh pemula dan mempunyai pengetahuan yang banyak untuk semakin menunjangnya.

Dan pasti, programmer juga harus mengetahui tentang tipe lalu lintas datanya, arsitektur komputer, web servernya, ia harus mengetahui seluruh bagian sistem yang terlibat, jadi gak heran kalau progrmmer pemula baru bisa menyelesaikan task dalam beberapa hari, namun oleh programmer senior mampu diselesaikan hanya dalam beberapa menit saja! Itu saking lamanya dan berulang-ulang dia baca kodingannya atau source code yang sangat besar. Waw, perbandingannya jauh banget ya? Itu fakta, dan para senior awalnya juga sempat mengalami itu. Bagaimana dengan perusahaan yang merekrut kamu? Mereka juga memahami ini kok, jadi jangan takut salah, jangan men judge diri kita terlalu gak mampu untuk menyelesaikan pekerjaan, bertanyalah pada senior jika kamu mengalami kesulitan.

Mungkin dulu saat kelas pemrograman, yang ada dibenak kita adalah ingin segera buru-buru bisa membuat sebuah form, ada tombolnya, terus kalau di klik submit akan ada data yang terkirim ke database. Percayalah, gak sekedar itu, itu hanya di tataran teknis, waktu yang dibutuhkan tidaklah singkat, setelah menjalaninya kita akan tahu keunggulan, perbedaan, penggunaan yang tepat untuk masing-masing teknologi yang ada!

Sekian, semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Tinggalkan Komentar - Tidak Perlu Login

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s